Senin, 21 Maret 2011

RAHASIA SIMBOL


ADA YG BERTANYA KENAPA POWER ON/OFF SIDIMBOLKAN DGN LINGKARAN DAN SEBUAH GARIS VERTIKAL ATAU KENAPA SIMBOL BLUETOOTH SEPERTI KACAMATA VERTIKAL? INI DIA JAWABANNYA !


 POWER ON/OFF
Sekali lihat simbol ini menempel pada tombol, semua orang pasti tahu kalau tombol itu gunanya untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sesuatu. Simbol ini pertama kali dipakai di Perang Dunia II sebagai sandi untuk saklar. Garis vertical melambangkan angka “1” yang artinya on, dan lingkaran melambangkan angka “0” yang berarti off. Sementara, lingkaran yang nggak sempurna untuk melambangkan kondisi standby.



   BLUETOOTH
Gara-gara suka buah blueberry, Raja Denmark ke-10, Harald Blatand mewarnai salah satu giginya dengan warna biru. Dan gara-gara Bluetooth receptor pertama bentuknya mirip banget gigi sang raja, dipakailah sandi yang biasa melambangkan Raja Harald sebagai simbolnya.





   USB
Kesaktian tongkat Neptunus menginspirasi simbol USB sebagai konektor yang bias menghubungkan koneksi apapun. Tiga ujung tongkatnya yang terbentuk dari tiga bidang, kotak, segitiga, dan lingkaran jadi penegas kalau USB adalah konektor serba bisa.






     PLAY
Nggak ada kisah yang jelas kenapa segitiga dipakai melambangkan Play. Yang pasti, segitiga dianggap simbol penunjuk arah yang paling gampang terbaca. Posisinya yang mengarah ke kanan mengingatkan kita pada arah jalan pita rekam pada kaset.









      AT
Saat belum ada mesin cetak, pendeta harus menulis tangan tiap naskah yang diterbitkan. Daripada repot menulis kata “at”, mereka pun bikin simbol “t” yang melili “a”. maka jadilah simbol ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar